Tips merawat kebaya

Anda tentu punya beberapa kebaya di lemari pakaian Anda dari yang berharga murah sampai yang berharga fantastis. Tentu saja Anda tidak ingin melihat kebaya kebaya kesayangan Anda rusak karena kelalaian Anda. Diperlukan ketelatenan dan kedisiplinan untuk merawat kebaya Anda agar mampu bertahan lama dan tetap terlihat seperti baru. Berikut ini beberapa tips untuk merawat kebaya kesayangan Anda.

  1. Kebaya tidak harus dicuci tiap kali habis dipakai. Jika kebaya Anda hanya digunakan untuk waktu yang singkat ada baiknya kalau Anda tidak mencucinya. Tentu saja Anda harus lebih pintar dalam menentukan apakah kebaya Anda harus dicuci atau tidak. Mencuci kebaya terlalu sering dapat merusak warna dan bordir kebaya Anda.  Saat menyimpan kebaya, gunakan gantungan yang telah diberi busa agar tidak merusak bentuk kebaya. Jangan sekali sekali melipat kebaya Anda.
  2. Saat menyimpan kebaya yang sudah dipakai lebih baik tidak usah disetrika dulu. Setrikalah sebelum memakainya lagi dengan cara menaruh kain bersih di atas kebaya, baru disetrika. hindari membuat garis lengan saat menyetrika.
  3. Mencuci kebaya tidak harus dengan mencuci kering atau dry clean yang harganya pasti cukup mahal. Anda pun bisa melakukan sendiri. Caranya, celupkan kebaya dalam air hangat kuku yang telah diberi sabun mandi (jangan memakai detergen). Celupkan berulang kali tanpa mengucek lalu bilas sampai bersih. Letakkan kebaya di atas handuk kering. Sewaktu menjemur hindari matahari langsung, lebih baik diangin-anginkan.
Merawat kebaya bukanlah hal yang sulit. Anda hanya memerlukan sedikit tenaga dan waktu untuk melakukan tips tips di atas. Semoga bermanfaat!


Salam 
Bhumimi

Komentar